Penjelasan Pasir Silika/Kwarsa

Senin, 13 Maret 2017

Karbon Aktif Bandung

Apa Itu Karbon Aktif

Apa Itu Karbon Aktif?


Karbon aktif, atau sering juga disebut sebagai arang aktif, adalah suatu material yang memiliki pori pori sangat banyak, pori pori ini berfungsi untuk menyerap apa saja yang dilaluinya. Suatu jenis karbon yang memiliki luas permukaan yang sangat besar. Hal ini bisa dicapai dengan mengaktifkan karbon atau arang tersebut. Hanya dengan satu gram dari karbon aktif, akan didapatkan suatu material yang memiliki luas permukaan kira-kira sebesar 500 m2 (didapat dari pengukuran adsorpsi gas nitrogen). Biasanya pengaktifan hanya bertujuan untuk memperbesar luas permukaannya saja, namun beberapa usaha juga berkaitan dengan meningkatkan kemampuan adsorpsi karbon aktif itu sendiri.


Fungsi Karbon Aktif
  • Karbon aktif berguna sebagai filter untuk menjernihkan air, contoh sederhananya pada depot air isi ulang,karbon aktif di letakkan pada tabung filternya,supaya airnya jernih,ga ada bau dan layak di konsumsi.
  • Karbon aktif berguna sebagai pemurnian gas, contohnya tabung gas yang kita pake di rumah buat masak itu di olah pake karbon.
  • Karbon aktif berguna sebagai filter industri minuman,contohnya perusahaan yang udah kita kenal coca-cola.
  • Karbon aktif berguna di farmasi, biasanya di rumah sakit itu banyak limbah cairnya kaya bekas suntikan dll,itu ga boleh langsung di buang berbahaya.limbah cair tadi harus di saring dulu pake karbon aktif untuk menghilangkan zat-zat berbahayanya.
  • Karbon aktif berguna dipabrik chemical, untuk menyaring air limbah menjadi air yang tidak lagi berbahaya bagi lingkungan saat dibuang.
  • Karbon aktif berguna dipabrik gula pasir sebagai pemucat atau penghilang warna kuning pada gula pasir.
  • Karbon aktif berguna dipenambakan, bisa membuat air laut menjadi air tawar .
  • Karbon aktif berguna dikapal laut?sama juga yang ini buat memurnikan air laut yang asin menjadi air tawar.
  • Karbon aktif berguna ditempat cuci pakaian alias laundry,berguna untuk menyaring air sabun menjadi air bersih yang dapat di gunakan untuk nyiram tanaman dll,ini namanya karbon yang ramah lingkungan.
  • Karbon aktif berguna dipenambangan,  berguna untuk menyerap hasil tambang seperti emas, timah, tembaga dsb. 

Untuk mendapatkan hasil tambang karbon aktif dicampurkan pada air lumpur yang mengandung bahan tambang, sifat karbon aktif kan menyerap apa saja yang dilaluinya walau material yang kecil sekalipun. Nah bahan tambang yang berbentuk pertikel kecil tadi pada nyangkut di karbon aktif. Setelah itu karbon aktif dibakar nah bahan tambang yang mengumpul pada karbon aktif akan kelihatan setelah karbon aktif habis menjadi abu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar